Posted by : Septian Cahyo Putro Senin, 18 Maret 2013

Jika diperhatikan sekilas kedua kata tersebut memang sama maknanya. Dalam penggunaan sehari-hari pun orang sering mencampuradukkan penggunaan kedua kata ganti orang tersebut. Bahkan sering kali kita perhatikan penutur bahasa Betawi menggunakan kata ganti "kita" untuk menyebut dirinya. Perhatikan saja kutipan berikut.

Emang mpok kaga mau ikutan arisan lagi?
Ya, kita sih mau-mau aje, cuman duitnye kaga ade.

Nah, dari contoh di atas kita kembali memperoleh sebuah pengertian mengenai makna kata ganti "kita" yaitu bermakna "saya" atau  "aku". Lalu kalau begitu apa bedanya dengan kedua kata tersebut? Apakah benar kata ganti "kita" memiliki makna yang sama dengan "kami"? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut perhatikan contoh percakapan berikut ini.

Dian, Rudi, Tono, kalian mau kemana? tanya Rani.
Kami mau ke Dufan Ran, kamu mau ikut? jawab Tono.
Wah, boleh deh aku ambil tasku dulu ya sebentar di rumah, nanti kita berangkat bersama-sama, jawab Rani.
Oke Ran, kami tunggu di taman ya! kata Dian.

Dari percakapan di atas dapat kita simpulkan bahwa terdapat perbedaan distribusi pada kata ganti "kami" dan "kita". Kata ganti "kami" bermakna tidak mengajak lawan bicara untuk ikut dalam konteks peristiwa yang sedang terjadi sedangkan kata ganti "kita" bermakna mengajak lawan bicara untuk ikut dalam konteks peristiwa yang sedang terjadi. Masih bingung? Coba perhatikan lagi kutipan di atas dengan seksama!

Sedangkan untuk kata ganti "kita" yang bermakna aku atau saya pada penutur bahasa Betawi, hal tersebut tentu tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Karena kata ganti "kita" bermakna jamak sedangkan aku atau saya bermakna tunggal.
Terimakasih, semoga bermanfaat.


{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. terimakasih @SeptianCahyoPutro buat info yang bermanfaatnya, selama ini saya masih binggung dengan kedua kata itu karena sama2 bersifat jamak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat

      Hapus

- Copyright © Halaman Tian - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -