Posted by : Septian Cahyo Putro Jumat, 27 Desember 2013




Bahasa adalah aspek paling fundamental dalam kehidupan manusia. Segala hal dalam hidup ini berkaitan dengan bahasa. Coba sebutkan hal apa yang tidak berkaitan dengan bahasa? Manusia butuh bahasa untuk melanjutkan hidupnya, mempertahankan budayanya, dan menciptakan pembaharuan. Manusia dan bahasa itu sangat lekat hubungannya. Maka dari itu jika masih ada yang meremehkan bahasa, berarti ia menyangkal keberadaannya sendiri. Karena tiap manusia tercipta salah satunya karena bahasa.
Setiap segi ilmu pengetahuan melibatkan bahasa sebagai sarana penggali, pengembangan, dan penyebarannya. Bayangkan jika seorang ahli fisika, ahli kimia, guru besar, ahli teknologi informasi tidak menguasai bahasa. Bagaimana mungkin penemuan dan ilmu mereka akan dipahami oleh orang lain. Tentunya ilmu dan penemuan mereka hanyalah menjadi onggokan sampah yang tak dikenal manusia. Oleh karena itu, sebelum mereka menyelami lebih dalam bidangnya masing-masing, mereka wajib menguasai bahasa.
Bahasa itu ibarat nafas, jarang kita sadari keberadaannya karena hal itu adalah hakikat alamiah seorang manusia. Semenjak lahir mereka sudah mengusai bahasa pertama mereka (bahasa ibu). Penguasaan bahasa ini menurut Noam Chomsky dikarenakan setiap manusia mempunyai LAD (Language Acquisition Device/Alat Pemerolehan Bahasa). Jadi secara otomatis mereka akan menguasai bahasa yang sering didengarnya.
Manusia dan bahasa adalah dua hal yang tak terpisahkan. Manusia tidak akan mampu bertahan hidup tanpa bahasa. Coba saja Anda hidup sehari saja tanpa berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana rasanya? Tentu tidak akan betah karena manusia lahir sebagai makhluk sosial, makhluk sosial butuh berkomunikasi dengan sesamanya, dan untuk berkomunikasi dibutuhkan bahasa sebagai alat komunikasi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Halaman Tian - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -