Posted by : Septian Cahyo Putro Kamis, 05 September 2013




Akankah ada kedamaian antar agama jika mereka masih saling menghujat, membenci, dan menuntut balas atas dendam leluhurnya?
Tuhan menciptakan berbagai agama dengan alasan agar manusia suatu zaman bisa beradaptasi secara perlahan. Sehingga Dia turunkan Yahudi, Nasrani, kemudian Islam sebagai penutup. Namun, mungkinkah manusia yang sudah terlanjur mengikuti sebuah agama begitu saja pindah ke agama yang baru? Padahal mereka berakal dan punya emosi.
Lalu akankah Tuhan menghukum mereka yang tidak mau tunduk dengan agama yang baru? Sedangkan mereka taat pada keyakinannya, keyakinan yang asalnya dari Tuhan pula. Tentu Tuhan Maha Adil, Dia tidak mungkin begitu saja melaknat hambaNya yang taat pada agama yang lama.
Dosen Tafsir Hadits saya pernah menyampaikan sebuah ilmu.
“Ada tiga golongan orang non muslim: 1. Mereka yang tidak pernah mengenal Islam semasa hidupnya, maka akan diselamatkan oleh Allah SWT; 2. Mereka yang mendapat kabar/berita yang salah mengenai Islam—bahwa Islam itu buruk—juga akan diselamatkan oleh Allah SWT; 3. Mereka yang mengenal Islam dengan baik tapi menolak untuk taat dan mengingkari Islam, maka tidak akan mendapatkan keselamatan dari Allah SWT.”
Sebagai seorang muslim yang bijaksana dan berbudi luhur, kita tidak boleh menghakimi bahwa kelak semua agama/kaum non-muslim akan masuk neraka. Bukankah surga/neraka adalah kewenangan Allah SWT? Dia-lah yang menentukan siapa yang berhak berada di sana. Islam adalah rahmat bagi semesta alam, mari kita tunjukkan bahwa kita adalah Islam yang ramah bukan Islam yang mudah marah.


{ 2 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Halaman Tian - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -